Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Model Keramik Dapur untuk Lantai dan Dinding Dapur

Model keramik dapur seperti apa yang Anda minati? Sebelum membahas lebih jauh mengenai keramik dapur, pahami terlebih dahulu apa itu dapur. Dapur merupakan ruangan khusus yang difungsikan sebagai tempat memasak dan mencuci peralatan dapur. Dapur menjadi tempat favorit para ibu rumah tangga. Karena di dapurlah mereka dapat bebas berkreasi ketika mengolah masakan. Baik itu olahan makanan maupun minuman yang pastinya lezat untuk dinikmati. Ketika sebuah dapur memiliki konsep yang menarik, dijamin Anda akan betah dan semakin bersemangat memasak. Untuk itulah dapur perlu diaplikasikan dengan keramik. Tidak sekadar lantai dan dinding dapur yang terlihat polos. Dapur akan terlihat bersih dan nyaman sebagai tempat memasak ketika interiornya terkonsep dengan baik. Keramik dapur merupakan bahan material interior yang dapat diaplikasikan untuk memperindah bagian lantai maupun dinding dapur. Jika selama ini Anda cenderung melihat lantai dapur yang diaplikasikan dengan keramik, maka lakukan juga pada bagian dinding dapur. Ini akan membuat suasana dapur Anda menjadi jauh berbeda, yaitu lebih menarik dan pastinya lebih mudah dalam perawatan.

Model keramik dapur pada lantai dan dinding tidaklah sama. Mulai dari model, motif, ukuran, tekstur, hingga warna terdapat perbedaan. Terdapat tips tersendiri ketika Anda hendak membeli keramik dapur untuk lantai maupun dinding. Perhatikan dengan seksama perbedaan keduanya. Karena ketika Anda salah memilih tipe keramik dinding untuk dapur, maka bukan interior dapur terlihat menarik, namun sebaliknya. Selain itu, model keramik dapur dengan keramik ruangan lainnya tidaklah sama. Untuk itulah sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengaplikasikan keramik pada dapur, mintalah saran dari jasa keramik. Mengingat setiap rumah memiliki gaya yang berbeda-beda. Maka jelas antara rumah bergaya minimalis akan memiliki konsep keramik dapur yang berbeda dengan rumah bergaya klasik. Sehingga penting untuk bertanya pada sang ahli agar konsep dapur Anda dapat tepat ketika Anda hendak memasang keramik untuk lantai maupun dinding. Bagi Anda yang tidak ingin salah ketika memilih jenis keramik dapur untuk lantai dan dinding, simaklah di bawah ini. Akan dijelaskan seperti apa tips-tips ketika Anda hendak membeli keramik dapur untuk lantai dan dinding.

Tips Pemilihan Model Keramik Dapur untuk Bagian Lantai


1. Tekstur Lantai Keramik Dapur Harus Kesat
Tips pemilihan model keramik untuk lantai dapur yang harus Anda perhatikan adalah pada teksturnya. Tekstur keramik lantai dapur harus kesat. Mengingat dapur adalah area yang akan bersentuhan dengan beragam cairan, mulai dari air putih, minyak, sabun, dan sebagainya. Maka pastikan model keramik untuk lantai dapur tidak membahayakan. Hindari memilih model keramik yang akan membuat licin ketika terkena tumpahan cairan.

2. Warna Lantai Keramik Dapur Harus Kasual
Tips pemilihan model keramik dapur untuk lantai juga harus memperhatikan warna. Bukan berarti karena dapur mudah terkena kotoran, maka Anda memilih warna gelap untuk lantainya. Dengan alasan agar terlihat bersih. Itu adalah pilihan yang kurang tepat. Tips yang harus Anda ikuti adalah dengan memilih warna lantai keramik dapur yang lebih kasual. Pilihlah warna yang terang dan kasual. Lantai keramik dapur yang memiliki warna kasual dapat memberikan efek tenang dan nyaman bagi siapapun yang berada di dapur.

3. Motif untuk Lantai Keramik Dapur
Tips pemilihan model keramik lantai dapur juga tidak dapat sembarang dalam pemilihan motifnya. Ada dua tips yang dapat Anda pilih salah satu. Tips pertama adalah dengan memilih gambar abstrak untuk lantai keramik dapur. Pastikan warna keramik juga harus kasual. Atau, tips kedua adalah dengan memilih motif polos yang dikombinasikan dengan pola tertentu agar tidak terkesan sederhana. Namun, jika Anda menginginkan hanya motif polos untuk lantai keramik dapur pun juga bukan masalah. Selama warna model keramik dapur yang dipilih tepat.

Tips Pemilihan Model Keramik Dinding Dapur



1. Model Dinding Keramik Dapur Harus Sesuai Gaya Rumah
Tips memilih model keramik dinding dapur adalah dengan memperhatikan gaya rumah Anda. Sesuaikan model dinding keramik dengan gaya rumah yang Anda miliki. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, contoh jika rumah Anda bergaya minimalis, maka pilihlah model dinding keramik dapur yang juga minimalis.

2. Model Dinding Keramik Dapur Harus Memiliki Warna yang Seimbang
Tips memilih model keramik dinding dapur berikutnya adalah pada warna. Sebaiknya jika dapur Anda lebih banyak memberikan kesan terang, maka untuk warna dinding keramik dapur, pilihlah yang kebih lembut. Begitu juga sebaliknya, jika dapur Anda lebih banyak memberikan kesan lembut, maka untuk warna dinding keramik dapur usahakan yang lebih terang. Tips ini agar membuat konsep dapur Anda terlihat memberikan warna yang seimbang.

Setelah Anda menyimak tips pemilihan lantai dan dinding model keramik dapur, diharapkan dapur menjadi terlihat semakin menarik. Namun, ketika desain keramik dapur sudah berhasil diaplikasikan untuk lantai maupun dinding, jangan lupa hal satu ini. Yaitu, perawatan pada lantai dan dinding dapur. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana saja cara Anda untuk membersihkan lantai dan dinding dapur agar terlihat bersih dan bebas dari kuman penyakit.

Cara Membersihkan Lantai Keramik Dapur


1. Bersihkan Segala Macam Kotoran Usai Memasak
Setiap kali Anda selesai masak atau menggunakan dapur, bersihkan terlebih dahulu segala macam kotoran yang ada. Terutama di bagian lantai keramik dapur. Jika terdapat minyak di lantai keramik, ambil selembar koran dan biarkan noda minyak meresap semua pada lembaran koran tersebut. Lalu beri taburan garam di bagian atas noda minyak yang sudah menghilang berada. Biarkan selama satu menit dan bersihkan dengan koran.

2. Pel Lantai Keramik dengan Pel Basah
Setelah Anda dapat memastikan tidak ada kotoran lagi pada lantai keramik dapur, maka pel lantai. Gunakan pel lantai yang basah lengkap dengan obat pel untuk lantai keramik dapur. Pel secara menyeluruh. Kemudian Anda perlu kembali mengepel lantai keramik dapur tersebut dengan pel yang berbeda. Pastikan lantai keramik dapur bersih dan biarkan kering.

Cara Membersihkan Dinding Keramik Dapur


1. Bubuk Kristal untuk Hilangkan Noda Pekat pada Dinding Keramik Dapur
Jika Anda mendapati noda pekat yang sulit dihilangkan pada dinding model keramik dapur, maka gunakan bubuk kristal. Buatlah adonan dari bubuk kristal dan gunakan spons untuk menghilangkan noda pekat yang ada pada dinding keramik. Pastikan Anda menggosoknya dengan satu arah. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Gunakan Bubuk Kristal dengan Bantuan Sikat Gigi Bekas
Jika Anda mendapati noda pada bagian nat, maka gunakan bubuk kristal. Nat adalah bagian di antara dinding keramik dapur tertempel. Gunakan sikat gigi bekas yang telah diberi taburan bubuk kristal. Kemudian gosokkan sesuai garis nat dinding keramik dapur dan bilas langsung dengan air bersih.
Jadi, kini Anda sudah memiliki gambaran untuk memilih keramik lantai maupun dinding dapur. Ciptakan suasana baru di dapur Anda. Dan pilihlah motif yang paling sesuai dari aneka model keramik dapur.