Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Poles Marmer Mudah dan Cepat

Poles marmer tentu sangat dibutuhkan jika Anda memiliki rumah dengan lantai dengan bahan marmer. Seperti yang diketahui, lantai marmer tergolong lantai rumah dalam kelas mewah. Hal tersebut dikarenakan marmer memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis lantai lain yang dapat Anda temukan. Sayangnya harga marmer yang mahal tersebut masih belum didukung dengan pengetahuan yang cukup untuk merawatnya. Mengingat perawatannya juga tergolong cukup rumit, tidak semua orang mampu merawatnya secara tepat. Maka dari itu saat ini banyak jasa poles lantai marmer yang sanggup membantu memoles lantai jenis marmer menjadi lebih mengkilap menggunakan berbagai peralatan khusus serta bahan kimia tertentu.

Memoles Lantai Marmer Secara Pribadi


Kesempatan memoles lantai jenis marmer secara mandiri setelah Anda mengetahui caranya memoles lantai marmer, maka tidak ada salahnya Anda mengetahui sedikit penjelasan untuk poles marmer. Mengingat sebenarnya terdapat rentetan panjang di dalam proses-proses memoles marmer, kurang lebih panduan sederhananya dapat Anda simak seperti di bawah ini:

-    Cara memoles lantai marmer untuk pemasangan marmer baru:
1.    Memotong Nat Lantai
Pemotongan nat lantai di sini dilakukan dengan tujuan agar nat memiliki lebar yang sama dan tampilan lantai marmer Anda juga terlihat lebih rapi sekaligus indah.

2.    Membuat Nat Lantai
Jika nat sudah selesai dipotong, proses harus dilanjutkan dengan membuat nat. Untuk dapat membuat nat lantai marmer dibutuhkan adanya resin yang sudah di campurkan dengan bubuk mild. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal dapat juga di campurkan pewarna dalam campuran resin dan mild sehingga warna nat dapat disesuaikan warna marmer.

3.    Proses Grinding atau Pengupasan
Terdapat beberapa tahapan untuk melakukan proses grinding yakni tahap pengupasan dengan menggunakan batu grinding kasar. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap pengupasan dengan bantuan batu grinding sedang. Kemudian baru mulai tahap pengupasan menggunakan batu grinding halus. Ketika proses pengupasan dengan menggunakan batu grinding sudah selesai, proses selanjutnya dilanjutkan dengan pengupasan dengan batu diamond.

4.    Kristalisasi
Dalam proses kristalisasi harus dilakukan dengan dua proses yakni kristalisasi menggunakan osasir atau obar putih sebagai obat dasar untuk proses poles marmer. Sedangkan untuk proses yang kedua adalah kristalisasi dengan memanfaatkan extra 5 atau obat kuning. Obat kuning adalah inti dari proses memoles lantai marmer.

5.    Finishing/ pelapisan
Setelah rangkaian proses kristalisasi serta lantai marmer juga sudah terlihat mengkilap, Anda dapat melanjutkan ke proses berikutnya yakni melapisi lantai jenis marmer tersebut dengan memanfaatkan pelapis khusus marmer yakni bilinzon.

-    Cara poles marmer untuk proses perawatan (poles ulang lantai marmer)
Pada dasarnya tidak banyak perbedaan antara poles marmer untuk pemasangan baru maupun proses perawatan lanjutan atau poles ulang. Namun, untuk proses nat lantai sudah pasti tidak dibutuhkan lagi dalam proses pemolesan ulang. Secara lebih detail, kurang lebih berikut ini proses memoles lantai marmer untuk perawatan:

a.    Poses Grinding/ Pengupasan
Dalam memoles lantai marmer untuk perawatan akan dimulai dengan proses grinding. Untuk memoles lantai marmer perawatan penting untuk Anda perhatikan bahwa jenis batu grinding yang dibutuhkan berbeda. Pasalnya, batu diamond yang dibutuhkan untuk poles perawatan memiliki tingkat kekasaran yang sangat bergantung dengan kondisi marmer itu sendiri. Saat tingkat kerusakan marmer sudah tergolong cukup parah, maka Anda tentunya membutuhkan batu diamond dengan tingkat kekasaran yang paling tinggi yakni diamond 30.

Batu diamond ukuran 30 bermanfaat untuk menghilangkan noda maupun baret yang ada pada permukaan lantai. Jika baret atau noda yang Anda temukan sudah hilang, selanjutnya proses grinding dapat dilakukan dengan menggunakan batu diamond pad kasar (ukuran 50). Untuk batu pad ini berguna menghaluskan permukaan lantai marmer yang masih terasa kasar saat selesai di grinding menggunakan diamond pad ukuran 30.

Memasuki proses selanjutnya, lantai marmer Anda sudah terasa lebih halus. Maka dari itu, di dalam melanjutkan ke proses berikutnya menggunakan bantuan diamond pad ukuran 100 dan setelah lantai lebih halus setelah di grinding dalam proses ini, Anda dapat melanjutkan proses yang berikutnya. Sedangkan proses yang terakhir dilakukan dengan diamond pad ukuran 200 atau diamond pad halus.

b.    Kristalisasi
Setelah proses grinding selesai, untuk poles marmer perawatan masih harus dilanjutkan dengan kristalisasi lantai. Proses ini digunakan untuk membantu mengkilapkan lantai. Prosesnya dari kristalisasi poles lantai marmer perawatan ini sama seperti memoles saat pemasangan baru yakni dengan menggunakan osasir menjadi obat dasar, kemudian extra 5 digunakan sebagai obat inti.
Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus membasahi lantai menggunakan sedikit air. Jika sudah sedikit basah, taburkan obat serbuk kristal pada lantai secara merata. Setelah itu, jalankan mesin buffing yang berfungsi menggilas serbuk-serbuk kristal yang sudah ditabur ke lantai.
Dalam menjalankan mesin buffer, Anda harus melakukan berurutan sehingga seluruh bagian permukaan lantai yang sudah ditaburi dengan bubuk kristal dapat tergilas merata. Kristalisasi pada umumnya akan memakan waktu mencapai 1 jam. Setelah lantai mengkilap, proses yang terakhir adalah melakukan finishing.

c.    Finishing atau pelapisan
Bukan hanya grinding dan kristalisasi, melakukan proses finishing poles marmer untuk lantai marmer perawatan juga sama seperti halnya perlakuan pelapisan pada marmer pemasangan baru yakni menggunakan bilinzon. Dimana bilinzon merupakan pelapis yang secara khusus disediakan untuk memoles lantai marmer.

Lantai yang sudah mengkilap setelah melewati proses kristalisasi masih perlu di olesi dengan krim pelapis khusus untuk lantai marmer (bilinzon) secara merata. Setelah dioleskan pada permukaan lantai, Anda perlu menunggu kurang lebih selama 30 menit hingga 1 jam. Ketika krim pelapis sudah mengering sekaligus mengeras, jalankan kembali mesin buffing layaknya yang Anda lakukan dalam proses kristalisasi. Namun, sebelumnya mesin buffing yang Anda gunakan perlu dilapisi dengan steel wool. Jalankan mesin dengan cara berurutan dan pastikan bahwa seluruh permukaan lantai yang sebelumnya sudah dilapisi dengan krim pelapis dapat tergilas oleh mesin buffing secara merata.

Poles Marmer Dengan Bantuan Jasa


Dengan kesibukan yang super padat, Anda tentunya lebih sering tidak sempat untuk memoles sendiri lantai marmer di rumah Anda. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan bantuan dari jasa poles lantai marmer yang terpercaya. Dengan menggunakan jasa poles marmer memang Anda sudah tidak perlu lagi bersusah payah untuk membersihkan dan memoles sendiri lantai marmer di rumah Anda. Bahkan tentunya Anda tidak perlu lagi capek-capek mencari maupun menyediakan berbagai bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melakukan poles marmer yang telah di jelaskan di atas. Anda hanya perlu mencari jasa yang bersedia memoles marmer di sekitar tempat tinggal Anda seperti jasa poles marmer Jakarta dengan peralatan yang sesuai dan lengkap sekaligus bahan-bahan atau obat seperti osasir, extra 5 dan lain sebagainya.